Selasa, 20 Agustus 2013

10 Fakta Lebih Tentang Madu

Lebah madu merupakan salah satu binatang paling bermanfaat bagi kehidupan manusia. Banyak manusia yang tau bahwa cairan yang dihasilkan oleh serangga jenis ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang diderita oleh manusia. Bahkan tidak hanya itu, fakta baru menyebutkan bahwa sengatan yang dimiliki oleh lebah kini juga digunakan untuk terapi penyembuhan bagi penyakit Miokardium.

Tidak hanya mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Lebah juga memiliki kebiasaan yang unik dalam kehidupan mereka sehari-hari. Apa saja keunikan-keunikan dari lebah madu tersebut. Berikut Rangkumannya .



1. Merupakan salah satu binatang yang disebutkan di Al-Qur'an karena kebaikannya
Lebah madu merupakan salah satu binatang yang di sebutkan oleh Allah SWT di dalam kitab suci Al-Qur'an. Mereka disebutkan dalam kitab suci tersebut karena banyaknya manfaat yang mereka punya untuk kehidupan seluruh makhluk hidup di muka bumi ini. Dan salah satu surat yang menjelaskan tentang manfaat-manfaat lebah adalah surat An-Nahl, surat ke 16 kitab suci Al-Qur'an. 



2. Memiliki total lima buah mata yang unik

Lebah madu memiliki lima buah mata yang unik. Dua diantaranya berada di antara kedua belah kepalanya dan biasa disebut dengan mata besar (mata kompaun) yang terdiri dari beribu-ribu lensa kecil dan merupakan mata utama lebah untuk melihat. Sedangkan tiga mata yang lain disebut ocelli (mata primitif) yang berada di atas kepala lebah dan berfungsi sebagai pengatur cahaya yang ada.



3. Mampu melihat cahaya ultraviolet

Meski mempunyai 5 buah mata, namun lebah tidak dapat melihat warna merah dengan jelas. Meskipun begitu, mata lebah memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh serangga pada umumnya. Jika kebanyakan serangga sangat rentan dengan sinar ultraviolet, mata lebah mampu melihat dengan jelas sinar yang juga tidak dapat dilihat oleh manusia tersebut.



4. Lebah madu menggunakan matahari sebagai kompas

Meski lebah madu memiliki tubuh yang kecil, dan mempunyai ukuran otak yang hanya sebesar biji-bijian. Lebah ternyata memiliki kecerdasan yang luar biasa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan, ternyata lebah selama pergi mencari makan, mereka menggunakan matahari sebagai kompas atau penunjuk arah di dalam perjalanannya.



5. Kerja keras lebah madu dalam mendapatkan cairan madu

Lebah madu merupakan serangga pekerja keras. Terbukti, untuk mengumpulkan 1 auns madu saja, lebah harus melakukan perjalanan sejauh 6 batu atau sekitar 9600 meter (9.6 km), Dan untuk mendapatkan 2 pound madu, lebah harus mengembara dengan jarak yang sama dengan 4 kali mengelilingi bumi.



6. Kepakkan sayap lebah

Fenomena kepakkan sayap lebah masih menjadi misteri bagi ilmuwan-ilmuwan didunia. Bahkan, saintis paling hebat di dunia pun masih belum dapat memecahkan fenomena ini. Namun yang kita tau, lebah mampu mengepakkan sayapnya kurang lebih 230 kali setiap satu detik dan 11.500 kali dalam satu menitnya. Sebuah fenomena mekanisme yang menakjubkan bukan . ?



7. Lebah madu Drone

Drone merupakan jenis lebah madu jantan yang memiliki tubuh lebih kecil dari ratu lebah madu (queen be) namun lebih besar dari lebah madu pekerja. Lebah madu jenis ini tidak memiliki sengat dan tidak diwajibkan untu bekerja mencari madu. Tugasnya sehari-hari hanya untuk menjaga dan mendampingi ratu lebah madu (queen be) di dalam sarang.



8. Setiap koloni lebah memiliki bau sendiri-sendiri

Lebah memiliki banyak sekali koloni yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Maka dari itu, lebah memiliki cara tersendiri untuk mengenali koloni mereka, cara tersebut adalah dengan mengenali bau dari koloni lebah yang mereka datangi. Karena di setiap koloni lebah, memiliki bau yang berbeda-beda dari koloni yang lain. karena itulah, lebah dapat menentukan mana lebah koloninya dan mana lebah yang bukan koloninya.



9. Berkomunikasi dengan lebah lain lewat sebuah tarian

Cara unik lebah untuk dapat berkomunikasi dengan lebah lain adalah dengan menggunakan sebuah tarian. Tarian tersebut dilakukan khususnya oleh lebah pekerja saat menemukan nektar (makanan lebah) dan hendak memberitahukannya kepada lebah pekerja yang lain. Dan apabila jarak nektar ke sarang cukup jauh, maka lebah penemu nektar tersebut akan melakukan tarian yang berbeda.



10. Lebah merupakan satu-satunya serangga penghasil makanan untuk manusia

Tidak seperti serangga-serangga yang lain. Lebah merupakan satu-satunya hewan jenis serangga yang dapat menghasilkan bahan makanan yang sangat bermanfaat untuk manusia. itulah sebabnya lebah merupakan hewan serangga yang disebut-disebut sebagai satu-satunya hewan yang memiliki banyak kegunaan dan manfaat dibandingkan dengan hewan-hewan lain yang ada di muka bumi ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar