Selasa, 20 Agustus 2013

10 Peristiwa Besar Di Dunia

Sejarah merupakan hal penting yang harus kita kenang hingga saat ini. Tanpa adanya sejarah, manusia mungkin tak akan mengetahui asal usul dari suatu kejadian tertentu. Hingga saat ini, tercatat ada banyak sekali sejarah-sejarah yang telah terjadi pada jaman dahulu kala..

Dan dibalik sebuah sejarah itu pula, terdapat banyak sekali peristiwa-peristiwa besar yang telah terjadi pada jaman dahulu hingga sampai pada jaman sekarang. Dan berikut adalah 10 peristiwa besar yang pernah terjadi di dunia versi Top Sepuluh News ...


1. Isra M'iraj 

Isra Mi'raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan kemudian dilanjutkan menuju ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi dari langit. Dan dari kejadian ini lah umat islam mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk melaksanakan sholat lima waktu hingga saat ini.







2. Pengeboman Hiroshima dan Nagasaki


Pada perang dunia ke II tepatnya pada tanggal 6 Agustus 1945, pihak Amerika Serikat atas perintah presidennya Harry S. Trautman menjatuhkan bom nuklir "little boy" di atas kota Hiroshima. Satu hari setelah kehjadian tersebut Amerika kembali menjatuhkan bom nuklir "fat man" di atas kota Nagasaki. Akibat kejadian ini, banyak warga jepang yang tewas karena terkena radiasi yang ditibulkan oleh bom tersebut.






3. Meninggalnya Adolf Hitler


Adolf Hitler adalah seorang politisi Jerman sekaligus menjadi Ketua dari Partai Nazi (National Sozialistische). Hitler dikenal sebagai sosok yang kejam, terbukti selama perang dunia II berlangsung, Hampir sekitar 50 juta orang tewas termasuk 6 juta kaum yahudi yang dibencinya. Namun pada tahun 30 April 1945 ketika tentara Soviet menyerang kota Reichskanzlei, Hitler tewas setelah menembak dirinya sendiri dan jasadnya pun dibakar di kebun belakang Reichskanzalei yang hancur.






4. Letusan Gunung Krakatau


Pada tanggal 26-27 Agustus 1883, seluruh makhluk hidup menyaksikan betapa besarnya kekuatan alam yang dikeluarkan saat letusan Gunung Krakatau saat itu. Letusan tersebut menimbulkan tsunami terdahsyat di kawasan Samudera Hindia yang telah menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Letusan tersebut juga menyebabkan Gunung Krakatau itu sendiri lenyap diantara pulau Sumatera dan Jawa. Ternyatat, letusan tersebut merupakan letusan yang mempunyai daya ledak sekitar 30.000 kali bom atom yang menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki.









5. Tragedi WTC


Serangan 11 September atau yang dikenal sebagai Tragedi WTC ini, merupakan serangkaian serangan bunuh diri yang diduga dari kelompok teroris dunia Al-Qaeda. Serangan tersebut dilakukan setelah pelaku berhasil membajak empat buah pesawat jet penumpang yang dua diantaranya akan ditabrakkan di menara kembar (twin tower) World Trade Center (WTC) di New York City. Akibat tabrakkan yang terjadi tersebut, dua menara twin tower itu pun runtuh hanya dalam kurun waktu dua jam.










6. Kerusuhan London


Kerusuhan yang berawal di kota Tottenham, North London ini terjadi pada 6 Agustus 2011 karena penembakan fatal terhadap warga sipil berusia 29 tahun Mark Duggan oleh Petugas Metroplitan Police Service. Kerusuhan tersebut berlanjut di kota lain seperti Wood Green, Ponders End dan Brixton. Akhirnya pada 8 Agustus 2011, kerusuhan tersebut semakin meluas hingga ke Birmingham, Liverpool dan kota besar lainnya yang menyebabkan sedikitnya 35 polisi mengalami luka-luka.




7. Konflik Palestina dan Israel


Konflik antara dua negara ini berlangsung antara 2008 hingga 2009 yang merujuk pada konflik antara Israel dan Hamas. Pada konflik tersebut, Israel banyak melancarkan serangan udara yang salah satunya disebut dengan Operation Cast Lead yang dilakukan sebagai balasan atas serangan Roket yang dilakukan oleh pihak Gaza dan Hamas.






8. Tsunami Jepang


Tsunami yang terjadi di Sendai, Jepang ini diawali dengan Gempa Bumi dengan kekuatan 9,0. Terjadi pada tanggal 11 Maret 2011 lalu, Gempa yang menimbulkan gelombang Tsunami dengan ketinggian 10 meter (33 kaki) tersebut menerjang pantai Semenanjung Oshika, antai timurTohoku pada pukul 05:46 UTC atau sekitar pukul 14:46 waktu setempat yang menewaskan 15.269 jiwa dan 8.526 lainnya menghilang.






9. Meninggalnya Osama bin Laden


Usamah bin Ladin atau yang biasa disebut Osama bin Laden, lahir pada 10 Maret 1957 di kota Jeddah Arab Saudi. Dia merupakan pendiri sekaligus pimpinan dari kelompok teroris Dunia Al-Qaeda. Karena itulah, dia sering dikait-kaitkan dengan tragedi ledakan bom di dunia. Osama sendiri tewas dalam serangan yang dilakukan oleh pihak militer Amerika Serikat di Abbottabad, pakistan pada 2 Mei 2011 lalu.



10. Ledakan Bom Boston


Pada tanggal 15 April 2013 lalu, dua buah bom meledak di jalan Bolyston Street, Amerika Serikat. Bom tersebut meledak disaat acara Maraton Boston 2013 hampir melewati garis finish. pengeboman yang dilakukan oleh Dzokhar Tsarnaev ini telah menewaskan 3 orang dan melukai sedikitnya 176 jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar