Minggu, 25 Desember 2011

Bagaimana Menyikat Gigi yang Benar?


$

cara menyikat gigiGigi sebagai salah satu komponen penting perlu untuk dirawat dengan prosedur yang benar. Salah satu cara paling mudah adalah dengan menyikat gigi dengan pasta gigi. Kesehatan gigiini penting dijaga sejak dini bahkan sebelum gigi-gigi itu tumbuh (sejak bayi).  Mulai membiasakan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur dengan cara yang tepat akan membantu mengurangi timbulnya permasalahan gigi.
Jadi, bagaimana menyikat gigi agar benar-benar bersih? Apakah dengan menuangkan pasta gigi banyak-banyak ke sikat?
Ternyata bagian yang penting dalam menyikat gigi adalah teknik. Kita harus paham betul ke mana arah sikat digosokkan ke deretan gigi dan memastikan agar tidak ada sisa makanan yang menempel.
Tidak perlu menuangkan pasta gigi dengan takaran seperti yang ada di iklan-iklan tv. Selain karena pemborosan, hal itu juga bukan penentu kebersihan gigi.  Efektivitasnya lebih tinggi  jika teknik menggosok yang lebih ditekankan. Dengan memfokuskan pada cara menyikat dengan arah yang tepat, maka sisa-sisa makanan akan lebih mudah dihilangkan.
Cara Menyikat Gigi
  • Gigi atas disikat ke bawah, dan gigi bawah disikat ke atas dengan hati-hati menggunakan sikat berbulu lembut yang tidak melukai gusi.
  • Sikat gigi bagian dalam dengan gerakan memutar. Lakukan dengan seksama ke seluruh permukaan gigi.
  • Sikat juga bagian gusi dengan lembut.
  • Sikat dengan cermat di bagian saku gusi dan ruang interdental (celah antar gigi). Bagian ini memang sulit . Jika tidak dibersihkan, maka potensi timbulnya gigi berlubang akan semakin tinggi.
  • Jangan lupa menyikat permukaan lidah. Biasanya akan mendorong perasaan ingin muntah. Tetapi menyikat lidah juga merupakan bagian penting dalam rangkaian perawatan kesehatan gigi dan mulut.
Cara menyikat gigi hendaknya dilakukan dengan lembut dan tepat. Jangan sampai melakukan tekanan berlebih yang dapat merusak jaringan gusi dan lapisan email gigi. Menyikat gigi sebaiknya dilakukan minimal 2 x sehari, yakni setelah makan pagi dan sebelum tidur malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar