Rabu, 29 Januari 2014

16 Informasi & Fakta Menarik tentang Sydney Opera House


gedung opera sydney 300x184 16 Informasi & Fakta Menarik tentang Sydney Opera HouseAustralia populer karena memiliki banyak pantai dan bangunan-bangunan indah.
Salah satu karya arsitektur ternama Australia adalah Sydney Opera House (Gedung Opera Sydney) yang dibangun untuk memenuhi ekspresi budaya dan estetika.
Bangunan terkenal ini terletak di Bennelong Point di Sydney, New South Wales, Australia.
Sydney Opera House merupakan rancangan arsitek Denmark, Jorn Utzon Oberg (9 April 1918 – 29 November 2008).
Fakta Menarik tentang Sydney Opera House
1. Direktur New South Wales (NSW) State Conservatorium of Music pada akhir tahun 1940-an menyatakan keinginannya untuk membangun gedung teater yang lebih besar dari Balai Kota Sydney.
Butuh empat belas tahun sebelum NSW Premier Joseph Cahill diminta untuk memulai pembangunan gedung opera tersebut.
2. Sebuah kompetisi desain diumumkan oleh NSW pada 13 September 1955 untuk mendapatkan desain terbaik.
3. Arsitek dari 32 negara berpartisipasi dalam kompetisi ini. Seorang arsitek berusia 39 tahun dari Denmark, Jorn Utzon Oberg dinyatakan sebagai pemenang dan diberikan proyek konstruksi 2 tahun kemudian.
Dia juga diberi hadiah uang sebesar £ 5.000 dan kemudian memenangkan Hadiah Pritzker, yang secara secara global diakui sebagai penghargaan tertinggi bagi karya arsitektur.
4. Bentuk gedung yang seperti cangkang dibuat dengan ubin putih Swedia, membuat Opera House nampak hidup. Sinar matahari dari fajar hingga senja memainkan kecemerlangan permukaan keramik putih dengan sempurna.
5. Sydney Harbor Port Jackson digunakan sebagai latar belakang lokasi. Ove Arup and Partners, sebuah perusahaan rekayasa, digandeng untuk mewujudkan desain sang arsitek.
Atap gedung opera menggambarkan layar kapal yang terkembang, sebuah penggabungan yang sangat baik dengan lingkungan sekitarnya.
6. Opera House dibangun pada tanah seluas 4,4 hektar dengan panjang 183 meter dan lebar 120 meter. Perkiraan biaya awal pembangunan adalah US$ 7 juta, namun biaya membengkak hingga sekitar US$ 102 juta.
7. Masa pembangunan Opera House mengambil waktu 10 tahun lebih lama dari rencana dengan biaya 14 kali lebih besar dari rencana awal.
8. Sebelum konstruksi, Bennelong Point digunakan sebagai Governor Macquarie Fort dan kemudian dimanfaatkan sebagai gudang trem.
9. Sydney Opera House adalah salah satu bangunan paling berkarakter dari abad ke-20 dan juga merupakan salah satu tempat paling terkenal untuk pertunjukan seni di dunia.
10. Terdapat 233 desain yang diajukan dalam kompetisi untuk kemudian dipilih satu sebagai pemenang.
Gedung opera ini menampung berbagai ruangan seperti Opera Theater, Playhouse, Studio, Utzon Room, Drama Theater, dan Forecour.
11. Sydney Opera House juga memiliki sebuah studio rekaman, dua gerai ritel, restoran, dan bar. Upacara penting dan konferensi juga diselenggarakan di gedung ini.
12. Pada tanggal 20 Oktober 1973, Ratu Elizabeth II meresmikan Sydney Opera House.
13. Seluruh kompleks dikelola oleh Sydney Opera House Trust di bawah New South Wales Ministry of Arts.
14. Gedung ini dikunjungi sekitar 200.000 wisatawan setiap tahun. Playhouse, sebuah teater pertunjukan di dalam gedung opera memiliki kapasitas tempat duduk 398 orang.
15. Sydney Opera House memiliki pertunjukan opera sendiri yang disebut ‘Keajaiban Kedelapan’. Sejak dibuka pada tahun 1973, Sydney Opera House melakukan setidaknya 3.000 pertunjukan setiap tahun dengan jumlah penonton tahunan mencapai 2 juta orang.
16. Sydney Opera House (Gedung Opera Sydney) menjadi salah satu dari 20 finalis Tujuh Keajaiban Dunia baru. Pada tanggal 28 Juni 2007, gedung ini mendapatkan status sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar