Rabu, 29 Januari 2014

6 Jajanan Khas Musim Dingin di Korea Selatan

 
Memasuki bulan November di Korea Selatan sedang mengalami musim dingin. Tak hanya menunggu turunnya salju dan cuaca dingin yang cukup menusuk kulit, saat musim dingin tiba, Korea selatan juga erat dengan makanan khas musim dingin. Banyak terdapat berbagai jajanan khas yang lezat dan sangat pas untuk menghangatkan badan.
Apa saja jajanan kaki lima alias pojang macha dari negeri para Hallyu star ini? 
1. Hoppang
Hoppang adalah salah satu jajanan kaki lima yang populer dan mudah ditemukan terutama saat musim dingin. Hoppang bentuknya mirip bakpao yang digoreng ataupun dikukus. Biasanya hoppang terdiri dari berbagai macam isi seperti kacang merah, daging, sayur atau buah-buahan. Selain banyak dijual dipinggir jalan, hoppang juga banyak dijajakan di pasar atau stasiun-stasiun subway.
2. Gyeranppang
Yap, gyeranppang adalah jajanan kaki lima yang mirip dengan egg muffins. Makanan ini adalah roti gurih yang ditengahnya berisi telur. Gyerangppang selalu disajikan dalam keadaan panas. Penjual gyeranppangpun mudah ditemukan disekitar pasar, sekolah, ataupun stasiun bus dan subway.
3. Tteok mandu-guk
Makanan berkuah yang hangat memang paling pas dimakan saat musim dingin. Begitu pula sajian asal korea tteok madu-guk. Adalah sup mandu atau dumpling hangat. Mandu terbuat dari tepung beras yang berisi daging cincang dengan rasa bawang yang gurih dengan kuah kaldu.
4. Jjinpang
Di beberapa negara asia bakpao menjadi ikon jajanan musim dingin. Begitupula di Korea Selatan, sajian mirip dengan bakpao bernama jjinpang menjadi penanda akan tibanya musim salju. Sama seperti bakpao jjinbang terbuat dari adonan tepung yang berisi pasta kacang merah. Isi jjinpang juga kini lebih beragam seperti daging, kari ataupun sayuran. Jjinpang banyak disajikan di supermarket ataupun dijajakan oleh pedagang kaki lima.
5. Gun goguma
Gun Goguma adalah salah satu ikon jajanan musim dingin yang sangat mudah ditemukan dan bergizi. Gun goguma alias ubi rebus atau panggang menjadi jajanan tradisional yang disukai oleh semua kalangan. Tak hanya mudah dibuat sendiri, ubi manis ini juga banyak dijajakan di supermarket dan stasiun-stasiun subway.
6. Odeng
Fish cake adalah salah satu makanan khas asal korea selatan. Fish cake sering dijadikan bahan campuran beragam sajian seperti ttepokki ataupun sup. Fish cake pun menjadi jajanan khas musim dingin favorite. Fish cake atau lebih dikenal dengan odeng memang paling enak disantap. Apalagi dengan kuah kaldu ikan hangat yang pas untuk menghangatkan badan.


Sumber Berita: http://lbskdrama.com/berita-6-jajanan-khas-musim-dingin-korea-selatan.html#ixzz2rnZB6600

1 komentar: