Kamis, 10 Oktober 2013

Kampung Apung Terbesar di Dunia



Kampung Apung Terbesar di Dunia Gadis
Pernah dengar soal kampung apung atau kampung terapung? Kampung terapung adalah wilayah perkampungan yang dibangun di atas air dengan bentuk bangunan seperti rumah panggung. Ternyata kampung terapung terbesar di dunia justru terletak di salah satu negara terkecil di dunia, lho! 

Kampung terapung adalah tempat wisata yang menarik buat dikunjungi. Uniknya, kampung apung terbesar di dunia justru terletak di Brunei Darussalam, yang luas wilayahnya terhitung kecil untuk sebuah negara.

Kampung Ayer di Brunei ini memiliki sejarah yang panjang. Kampung ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Shah tahun 1363-1402. Dulu, wilayah Kampung Ayer merupakan wilayah pelabuhan utama. Pada abad ke-16, salah satu penjelajah dari Portugal pernah mampir ke Kampung Ayer. Menurutnya, Kampung Ayer mirip dengan Kota Venesia yang terletak di Italia. Penjelajah asal Portugal tersebut menjuluki Kampung Ayer dengan sebutan ‘Venesia dari Timur’.

Selain itu, Kampung Ayer adalah kampung terbesar di Brunei. 10% dari penduduk Brunei tinggal di sana. Bentuk perkampungan masih sederhana. Walaupun bentuk rumah di sana masih rumah panggung, penduduk Kampung Ayer tetap mengikuti perkembangan zaman modern. Mereka sudah memakai listrik bahkan memiliki AC. Selain itu, Kampung Ayer juga sudah dilengkapi dengan fasilitas rumah sakit, sekolah, hingga restoran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar