Kamis, 10 Oktober 2013

Mencegah Sakit Punggung

















































Dengan memperbaiki kebiasaan sehari-hari, maka risiko back pain dapat ditekan sekecil mungkin. Tidak sulit kok.

  • Postur tubuh yang salah memicu back pain. Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa postur tubuh saat berdiri dan berjalan sudah tepat? Mudah—pastikan tubuh tegak (dada tidak dibusungkan, malah bisa menciptakan back pain di kemudian hari), kedua bahu sejajar, kepala lurus ke depan, dan usahakan ambil langkah kecil setiap berjalan. Sebab, semakin besar langkah Anda saat berjalan, bagian lower back seakan ‘ditarik’, yang nantinya dapat menimbulkan low back pain.
  • Jangan pernah duduk dalam posisi yang sama selama berjam-jam tanpa henti. Jika pekerjaan Anda ‘memaksa’ untuk duduk di depan layar komputer dari jam masuk kantor hingga pulang, lakukan stretching kecil setiap sejam sekali sambil melempar pandangan sejauh-jauhnya agar mata Anda juga ikut istirahat. Saat duduk, pastikan Anda duduk lurus dan tegak, tidak membungkuk atau miring.
  • Posisi ideal saat tidur adalah tangan sejajar dengan tubuh. Tidur miring sesekali boleh-boleh saja, namun tekuk kaki sedikit. Perhatikan juga, kasur tak boleh terlalu keras atau terlalu empuk. Terlalu keras dapat menyakitkan punggung, kasur yang terlalu empuk pun tak bisa menopang postur tidur Anda dengan baik.
  • Saat akan mengambil atau mengangkat benda berat dari lantai, jangan langsung bungkukkan badan. Tekuk lutut, gunakan kedua tangan agar seimbang, baru angkat.
  • Perut buncit membuat kerja tulang punggung lebih berat, sehingga orang obesitas lebih rentan terkena back pain. Pastikan berat badan tetap normal untuk menghindari hal ini.
  • Usahakan agar layar komputer letaknya sejajar dengan mata, sehingga Anda tak perlu sedikit menunduk atau mendongak untuk menatap layar.
  • A tip that never gets old: berolahraga. Olahraga kardiovaskular seperti jogging, berlari, berenang, dan sebagainya dapat meningkatkan peredaran darah sehingga meminimalisir resiko back pain.
  • Pastikan Anda melakukan warming up sebelum berolahraga dan cooling down sesudahnya, untuk menghindari cidera.
  • Jika Anda suka memakai shoulder bag, usahakan agar beban dalam tas tidak terlalu berat dan bawa tas bergantian, kiri dan kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar