Kamis, 10 Oktober 2013

Penyebab Perut Gembung




Bingung apa penyebabnya? Coba cek, yuk!




Pernah mengalami ini : celana Anda tidak bisa diresleting lagi karena perut menggembung. Padahal, beberapa hari lalu celana favorit Anda masih muat pas di pinggang. Bingung apa penyebabnya? Coba cek, yuk!

Terlalu banyak garam/kurang cairan
Makanan olahan mengandung banyak garam. Hindari makanan kaleng seperti sup, camilan, dan daging olahan. Biasakan minum air dalam jumlah banyak. Namun jika Anda bosan, makan saja buah-buahan yang mengandung banyak air seperti apel, semangka, dan anggur, sebagai penggantinya.

Terlalu banyak minuman bersoda
Soda dapat memompa udara di dalam perut sehingga terlihat seperti balon. Karena itu, pilih air putih, jus buah, dan susu yang lebih sehat bagi tubuh.

Irritable Bowel Syndrome (IBS)
Jika perut Anda menggembung disertai timbulnya garis-garis menyerupai sembelit, diare, perut melilit dan tidak nyaman, Anda mungkin terserang IBS. Dunia kesehatan belum mengetahui apa penyebab penyakit ini. Yang jelas, penyakit ini banyak menimpa wanita. Jika Anda mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan intensif.

Diet tak seimbang

Makanan seperti kacang polong dan gandum sangat sulit dicerna karena bahan makanan berserat tinggi ini kaya akan kanji dan gula yang memproduksi gas jika tidak tercerna dengan sempurna. Apalagi jika makanan tersebut dikonsumsi dalam jumlah besar. Kurangi konsumsi berlebihan setiap harinya untuk mencegah perut menggembung.

Alergi makanan

Orang yang memiliki alergi terhadap laktosa (gula dalam susu) atau fruktosa (gula dalam buah) cenderung  memiliki perut gembung karena produksi gas berlebihan. Hindari makanan yang mengandung kedua zat makanan tersebut atau kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar