Minggu, 29 September 2013

Makan Enak Tapi Tetap Hemat


















































Makan di luar sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tapi sayangnya, untuk bisa menikmati makanan-makanan enak, Anda harus merogoh kocek dalam-dalam.


   Salah satu trik berhemat yang banyak dipraktikkan adalah dengan membawa bekal ke kantor setiap hari, lalu makan enak saat weekend. Sayangnya, cara ini sebenarnya kurang efektif untuk berhemat, sebab biaya makan di luar yang Anda keluarkan saat weekend bisa jadi lebih besar dibandingkan biaya makan siang Anda saat hari kerja. Apalagi jika restoran yang Anda tuju tergolong mewah, eating out can be very expensive. Coba trik CLEO berikut ini agar Anda tetap bisa makan di luar kapanpun Anda mau dan tentunya tetap hemat.

Trik #1 
Voucher Diskon
    Sebelum pergi ke restoran yang akan dituju, coba cek apakah restoran tersebut sedang menawarkan promo. Berbagai situs voucher diskon seperti disdus.com atau dealkeren.com menawarkan potongan harga yang cukup besar, bahkan hingga 70%. Promo kartu kredit juga bisa Anda manfaatkan. Dengan catatan, tagihan kartu kredit tersebut langsung dibayar ya, agar tidak menjadi utang.

Trik #2

Sepiring Ramai-ramai
    Ada sebuah menu baru yang ingin Anda cicipi tapi mahal harganya? Ajak teman-teman se-geng untuk food tasting. Makan dulu sebelum berangkat agar tidak ‘lapar mata’ di restoran nanti. Pesan menu yang ingin Anda coba, dan mintalah piring ekstra. Bagi rata total bill. There you have it! Anda bisa mencicipi menu baru tanpa harus ‘menjebol kantong’.

Trik #3
Bawa Minum Sendiri
    Harga sebotol kecil air mineral di restoran bisa lima sampai sepuluh kali lipat harga di supermarket. Tak ada salahnya Anda membawa minum sendiri saat makan di luar. Anda bisa menghemat cukup banyak jika membiasakan membawa air mineral sendiri kemanapun Anda pergi.

Trik #4
Lewatkan Dessert
    Seringkali, harga dessert atau hidangan penutup hampir sama dengan harga makanan yang Anda makan. Kalau Anda sudah terbiasa menikmati dessert setelah makan, mampirlah ke supermarket yang tak jauh dari restoran sebagai penutup hidangan. Tapi jika Anda memang ingin mencicipi dessert yang menjadi favorit di restoran tersebut atau yang diburu oleh banyak orang, gunakan trik #2.

Trik #5
Jam-jam Diskon
    Untuk menjalankan trik satu ini, Anda harus ’membuka mata’ atau mencari tahu apakah ada restoran yang menawarkan promo harga makanan pada jam-jam tertentu. Misalnya saja menu dim sum yang sering kali diberi harga khusus untuk pengunjung pada saat jam sarapan. Atau misalnya ada restoran yang menawarkan harga khusus pada saat jam makan siang. Datanglah pada saat jam-jam diskon tersebut.

Trik #6

Berkenalan dengan Pemilik
    Jika Anda benar-benar menjadikan sebuah restoran sebagai tempat makan favorit bersama keluarga atau rekan kerja, akrabkan diri dengan manajer atau pemilik restoran tersebut. Pemilik restoran akan menghargai kesetiaan Anda sebagai pengunjung tetap, sehingga ia tidak sungkan memberikan potongan harga untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar