Kamis, 28 November 2013

4 Fakta Unik Kunang-kunang



4 Fakta Unik Kunang-kunang Gadis

Pasti kenal dong sama hewan yang bernama kunang-kunang? Ternyata hewan yang datang dari keluarga kepik ini nggak cuma bisa mengeluarkan cahaya lho. Ada banyak keunikan lain yang juga dimiliki hewan ini. 

Pigmen cahaya 
Cahaya dari kunang-kunang adalah sebuah reaksi kimia. Cahayanya dihasilkan ketika oksigen bercampur dengan sebuah pigmen bernama luciferin, enzim luciferase dan zat kimia yang menghasilkan energi untuk sel.

Reproduksi tujuan utama 
Setiap malam ketika terbang dan bercahaya, kunang-kunang membuat pola khusus yang bertujuan untuk satu hal: reproduksi. Pasalnya, kunang-kunang betina duduk diam nggak bergerak dan hanya kembali berkedip ketika mereka melihat seekor pejantan dengan dengan penampilan menarik. Hihihi….

Tiap pejantan punya polanya sendiri
Ketika terbang mencari pasangan, tiap pejantan menggunakan pola cahayanya ciri khasnya sendiri. Menurut American Museum of Natural History, pejantan terbang dan mencari betina dengan tampilan cahaya khusus.

Bisa membunuh 
Meskipun bentuk dan cahayanya imut-imut, kunang-kunang sebenarnya bisa membunuh. Ketika predator menyerang, kunang-kunang mengalami proses yang disebut pendarahan refleks. Kunang-kunang meneteskan darah yang mengandung tetesan darah yang mengandung zat kimia yang beracun bagi vertebrata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar