Kamis, 28 November 2013

Si Misterius Pari Manta



Si Misterius Pari Manta Gadis

Walaupun nama ikan pari lumayan beken di telinga kita, mungkin nama pari manta masih terdengar asing. Pasalnya, memang belum banyak informasi tentang ikan ini. Selain itu, meskipun disebut-sebut sebagai spesies ikan pari terbesar di dunia, ikan ini susah banget ditemui.

Nggak heran jika di antara kurang lebih 40 spesies pari yang ada di dunia, pari manta dikenal sebagai pari terbesar. Lebar tubuhnya mencapai 7 meter dan beratnya bisa mencapai 3 ton! Pari manta berenang dengan cara menggerakan sirip dadanya dari kepala hingga bagian belakang. Jadi, ketika dilihat dari jauh, pari manta seperti sedang terbang.

Selain ekornya yang lebih pendek daripada pari pada umumnya, ciri khas ikan ini adalah kepala yang terlihat seperti tanduk dan berbentuk sirip sefala. Fungsi dari sirip ini adalah membantu memasukkan air laut yang mengandung plankton. Nah, plankton ini adalah makanan utama pari manta. Selain plankton, pari manta juga suka menyantap udang dan anak ikan.

Meskipun badannya besar, pari manta adalah ikan yang dianggap cukup ramah. Soalnya ikan ini seringkali muncul di dekat terumbu karang dan dekat permukaan laut. Jika sedang menyelam dan kemudian bertemu dengan ikan ini, kita bahkan bisa berenang bersama dan memegangnya. Bahkan sesekali pari manta melompat ke permukaan. Jadi, kita bisa melihat ikan yang ada di perairan tropis ini dari kapal.

Sayangnya, ikan unik ini termasuk dalam daftar hewan near threatened. Meskipun belum terancam punah, pari manta diperkirakan bakal terus berkurang jumlahnya dan menuju kepunahan. Ini dikarenakan laut yang semakin kotor, perburuan manta dan rendahnya tingkat kelahiran pari manta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar