Rabu, 27 November 2013

Manfaat Alam Buat Kecantikan




Yang ini nggak mengandung zat kimia, tapi punya segudang manfaat!

Selain murah meriah, bahan yang diperlukan juga ada dan gampang ditemui disekitar kita (dapur mama). Yuk, cari tau manfaat dari daun sirih, jahe dan kemiri.

Daun Sirih
Mengandung zat antiseptic dan arimatik yang ampuh membunuh kuman dan bermanfaat untuk mengobati mimisan, sariawan, bau mulut, bau badam, gatal-gatal dan menyembuhkan luka pada kulit. Zat tannin-nya juga bisa menyembuhkan keputihan. Caranya, rebus saja daun sirih ini.







Jahe
Ciri khas jahe terletak di minyak atsiri dan oleorensi yang berbau harum dan memberikan rasa hangat dan pedas. Ini bisa membantu menurunkan tekanan darah, merangsang pelepasan hormone adrenalin dan memperlebar pembuluh darah. Aroma jahe yang hangat juga bisa mengurangi rasa mual, sakit perut dan melemaskan otot yang tegang.






Kemiri
Selain berfungsi sebagai bumbu, kemiri terkenal ampuh memperkuat dan menyuburkan rambut. Untuk menyuburkan rambut, 6 biji kemiri ditumbuk halus, lalu dimasak sampai mengeluarkan minyak dan  minyak tersebut digosokkan ke kulit kepala. Lakukan 3 kali seminggu. Getah dari kulit batang kemiri yang ditambah santan kelapa juga bisa mengatasi sariawan. Sementara getah daun kemiri yang diteteskan ke gigi ternyata bisa manjur menghilangkan nyeri di gigi. Canggih, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar