Kamis, 28 November 2013

Orangutan, Si Penjaga Bumi



Orangutan, Si Penjaga Bumi Gadis

Saat ini, populasi Orangutan semakin sedikit saja jumlahnya. Nggak heran kalau hewan yang 90% populasinya ada di Indonesia ini, masuk dalam kelompok hewan yang dilindungi. Padahal, di habitatnya yaitu hutan, ia punya tugas mulia, lho. Yaitu, membantu memperkaya keanekaragaman flora dan fauna. Wah, apa yang ia lakukan, ya?

Termasuk dalam kelompok kera besar (bersama-sama gorilla, simpanse, dan bonobos), Orangutan adalah pelahap buah-buahan dan punya kebiasaan lucu saat makan. Ia senang memakan buah sambil menjelajah dari satu pohon ke pohon lainnya. Akibatnya, biji buah yang ia makan terjatuh dan akhirnya membantu penyebaran benih-benih tanaman di hutan.

Nggak cuma itu, saat bergelantungan melintasi hutan, ia membengkokkan dan mematahkan batang pohon. Sehingga membantu tanaman lain yang ada di bawahnya, melakukan fotosintesis. Nah, karena tingkahnya ini, Orangutan dijuluki sebagai spesies payung oleh para ilmuwan. Dimana, kelestarian mereka menjamin kelestarian habitatnya dan makhluk hidup lain yang ada di sana.

Sayangnya, perburuan Orangutan untuk makanan, obat, dan hewan peliharaan masih saja berlangsung. Yuk, kita bantu mencegah turunnya populasi Orangutan, dengan cara menyebarkan informasi tentang mereka. Misalnya, dengan mengangkat topik ini di majalah sekolah atau mading dan lewat jaringan media sosial yang kita punya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar