Kamis, 28 November 2013

Hewan Ini Cuma di Indonesia



Hewan Ini Cuma di Indonesia Gadis

Dalam ilmu pengetahuan ada istilah endemik, yaitu menjelaskan tentang sesuatu yang hanya bisa ditemukan di daerah tertentu saja. Bisa itu tumbuhan atau hewan. Nah, Indonesia pun punya banyak hewan endemik, alias hanya bisa ditemukan di Negara ini. Itu artinya semua hewan itu harus dilindungi karena kalau punah, nggak bakalan ada lagi di tempat lain. Ini dia beberapa di antaranya:
Anoa
Hewan yang mirip kerbau ini hanya ada di provinsi Sulawesi dan pulau dekat Buton. Anoa hidup di pegunungan yang punya ketinggian sekitar 500 – 2000 meter. Sayangnya karena penjarahan hutan dan perubahan cuaca, populasi Anoa semakin menurun. Bahkan hewan ini sudah termasuk langka sejak tahun 1960an dan jumlahnya tinggal beberapa ribu saja.

Komodo
Pasti kenal dong, sama kadal besar ini. Hewan yang hanya bisa ditemukan di pulau Komodo ini sangat beken di dunia. Pasalnya, reptil ini dianggap sebagai salah satu hewan purba yang masih hidup saat ini. Keberadaan Komodo yang cuma ada di pulau Komodo membuat pulau ini dikunjung berbagai wisatawan dan peneliti dari seluruh dunia. Bahkan membuat namanya masuk daftar New7Wonders of Nature.

Badak Jawa
Di seluruh dunia, badak termasuk hewan yang sangat langka. Ada lima jenis spesies badak yang dilindungi saat ini. Salah satunya adalah Badak Jawa. Badak yang hanya bisa ditemukan di pulau Jawa ini punya ciri khas tersendiri. Yaitu, badannya yang termasuk kecil untuk ukuran seekor badak dan bercula satu. Kini Badak Jawa hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar