Kamis, 28 November 2013

Bahaya Headphone


Semakin banyak saja kesibukan sehari-hari yang melibatkan musik. Kemana pun Anda pergi, pasti sudah tidak pernah terlepas dari pemutar musik dan headphone dengan model yang bermacam-macam.  

Ukuran headphone saat ini semakin mengecil saja. Tapi apakah headphone yang kini Anda gunakan dalam telinga berpengaruh lebih buruk daripada headphone besar yang hanya menempel di daun telinga? Bisa saja, jika musik yang Anda putar terlalu keras. 

Menurut Audio Engineering Department dari Houston University, headphone yang terpasang ke dalam telinga diketahui mengantarkan tekanan suara lebih keras dibandingkan dengan headphone yang hanya menempel di daun telinga sehingga bisa meningkatkan resiko kerusakan pendengaran. 

Jika Anda mendengar dengungan atau suara getaran setelah menggunakan headphone, Anda harus menghentikan penggunaannya. Meskipun setiap headphone berbeda, para peneliti menyarankan untuk membatasi penggunaan headphone satu jam per hari dengan volume tak lebih dari 60 persen dari volume maksimal untuk jenis headphone yang menempel pada daun telinga. 

Jangan pernah tidur dengan menggunakan headphone. Apabila Anda termasuk orang yang tak dapat dipisahkan dari headphone saat bekerja, Anda harus mematikannya setidaknya setiap dua jam secara teratur atau kurang dari itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar