Kamis, 28 November 2013

Mammoth, Si Gajah Purba





Masih ingat dengan Manny, seekor mammoth atau mamut yang ada di film Ice Age? Mamut hidup pada masa Pleiston sejak 1,6 juta tahun sampai sekitar 10.000 tahun yang lalu. Kata mamut atau ‘Mammooth’ sendiri berasal dari bahasa Rusia yaitu Mamoht. Zaman dulu mamut banyak digunakan sebagai transportasi darat yang paling kuat dan banyak membantu pekerjaan-pekerjaan manusia. 


Mamut memiliki beberapa perbedaan dengan gajah pada umumnya. Ukuran tubuhnya lebih besar. Bentuk gadingnya melingkar seperti kurva ke arah dalam. Mereka juga memiliki bulu atau rambut yang lebih banyak dan lebat dari gajah pada umumnya. Tinggi mamut bisa mencapai 5 m dengan berat 6-8 ton. Khusus untuk mamut jantan biasanya lebih berat yaitu 10-12 ton.
   
Dulu mamut banyak ditemukan di benua Asia, Afrika, Eropa dan Amerika, tepatnya di Amerika Utara dan Tengah. Fosil mamut terbesar yang pernah ada, tingginya mencapai 4 m dengan berat 13 ton. Di tahun 2005, juga ditemukan gading mamut sepanjang 3,3 m di utara Lincoin, Illinois. Menurut berita terbaru dari National Geographic, fosil mamut baru saja ditemukan di Prancis dalam rangka pencarian bukti aktivitas Roma kuno. Punahnya mamut ini akibat melelehnya es dan meningkatnya level ketinggian air dan perburuan besar-besaran oleh manusia. Biasanya, manusia memburu mamut untuk dimakan dagingnya dan memanfaatkan bagian tubuh lainnya, seperti gading.

Trivia: 

  • Mamut memiliki naluri pendendam. Jika diperlakukan kasar, ia akan berbalik menyerang.
  • Gigi mamut akan tanggal di usianya yang ke 6 tahun, setelah itu akan tumbuh gigi permanen.
  • Gading mamut bisa tumbuh sepanjang 2,5 cm-15 cm per tahun, lho.
  • Masa kehamilan mamut betina yaitu sekitar 22 bulan saja dan hanya bisa melahirkan satu mamut saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar