Rabu, 27 November 2013

3 Kesalahan Cewek Saat Berkomunikasi





Salah satu penyebab terbesar dari pertengkaran adalah ‘miskom’. Apalagi cewek dan cowok memiliki banyak perbedaan.  Misalnya, nih, saat bertengkar, kita nggak berhenti untuk membicarakan kesalahan si dia. Sedangkan, cowok boro-boro, deh, mau mendengarkan. Mereka aja terkadang malas terlibat pembicaraan serius. Sayangnya, ceweklah yang sering kali melakukan beberapa kesalahan dalam berkomunikasi. Yuk, segera benahi!


Jangan bicara terburu-buru 
Saat kita dan dia sedang ngobrol, coba beri jeda beberapa saat untuk memberi kesempatan si dia mencerna apa yang kita katakan. Tarik napas sesekali, agar emosi lebih terkontrol. Biasanya kita cenderung berbicara terburu-buru agar si dia nggak bisa memotong pembicaraan kita. Padahal justru bikin si dia makin nggak mengerti apa inti pembicaraan kita. 

Hindari kata-kata bersyarat
Perhatikan, deh, secara nggak sadar, kita sering mengucapkan kata-kata seperti, “tapi”, “hanya”, atau “sebenarnya”. Penggunaan kata-kata ini mengisyaratkan bahwa kita seperti sok mengerti tentang sebuah masalah. Kita juga jadi terlihat nggak mau kalah dan keras kepala. Nah, biar dia mengikuti keinginan kita, tunjukkan saja lewat nada, pilihan kata, dan ekspresi wajah. 

Jangan ragukan kemampuan

Saat kita dan si dia sedang seru-serunya ngobrol, sebisa mungkin hindari kalimat, “Kamu yakin?” Soalnya, kalimat ini seakan menunjukkan kita meragukan kemampuannya. Sehingga si dia pasti langsung malas untuk meneruskan obrolan. Kalau kita memang ingin berpendapat, lebih baik ganti kalimatnya dengan, “Kalau menurut aku…” Dengan ucapan ini, si dia nggak akan merasa kita turut campur dengan urusan pribadinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar